Prodi Magister Administrasi Pendidikan Mengikuti Workshop Service Excellent Pascasarjana Universitas Riau dalam Rangka memberikan Layanan Prima

Dalam rangka memberikan layanan prima, sikap dan prilaku kepada pimpinan , sesama dan mahasiswa, pascasarjana mengadakan kegiatan pelatikah Service Excellence. kegiatan ini berlangsung pada tanggal 19 Agustus 2023 bertempat di Ballroom Hotel Pangeran Pekanbaru.

Service Excellent (Layanan Prima) pada dasarnya adalah suatu usaha yang dilakukan untuk memenuhi keinginan atau hasrat manusia, baik yang berhubungan dengan sisi customer maupun sebagai pemberi layanan. maka layanan prima bukan hanya memberikan kepuasan kepada customer saja, melaikan juga usaha untuk menyenangkan dan memberikan layanan. customer yang dimaksud ada 2 bagian, customer External dan customer internal.

Pelayanan pelanggan yang prima mencerminkan bagaimana sebuah lembaga/ organisasi/ instansi berurusan dengan pelanggan melalui tata kelola sistem yang sehat dan berbudaya. hal ini akan tercermin dari ketersediaan standar pelayanan, budaya pelayanan, nilai- nilai kerja, kebijakan, dan etos kerja yang diharapkan untuk menjadi perilaku pelayanan yang prima. prinsip- prinsip dan nilai- nilai yang menggambarkan standard prilaku pelayanan yang prima akan menghasilkan prilaku pelayanan yang fokus pada kebutuhan pelanggan melalui prilaku yang profesional, ramah, sabar, tenang, jujur, hormat, berintegritas, terpercaya dan selaras.

ketua panitia kegiatan Dr. Erlisnawati, S.Pd, M.Pd dalam sambutannya mengatakan bahwa. “pelatihan ini merupakan sebuah kegiatan pengembangan diri yang perlu dilakukan ileh organisasi dalam penyediaan produktivitas yang berorientasi pelayanan kepada mahasiswa dan tata kelola organisasi”

Sumber Daya Manusia (SDM) menjadi pondasi bagi keberhasilan sebuah organisasi dalam mencapai tujuan yang telah ditentukan, manajemen SDM harus dapat dikelola dengan baik melalui siste manajemen yang mendukung, dalam menunjang hal tersebut.

wakil direktur wakil direktur bidang umum dan keuangan Pascasarjana Universitas Riau Dr Gusliana HB, SH, M.Hum dalam sambutannya mengatakan bahwa “diharapkan pada kegiatan service excellent ini dapat memahami dan bisa diterapkan guna membangun pelayanan yang prima dilingkup pascasarajana unri”. benar yang disampaikan oleh narasumber bahwa pemberi pelayanan bukan hanya petugas yang berada pada garis depan, melainkan semua pegawai di lingkup pascasarjana unri, “sebagai penyelenggara pelayanan publik kita harus dapat memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa karena sebagai sumber pendapatan utama dalam pemnyelenggraan organisasi” oleh dari itu pelayanan public harus didadsari dengan penuh keikhlasan dan kebahagiaan yang hakiki bukan sebatas fungsional dalam proses pemberian pelayanan public.

Narasumber pada pelatihan ini adalah khairul anwas, S.Psi, C.Ht., CT, yang telah berpengalaman dalam bidanb dan pengembangan. beliau menyampaikan bahwa “dalam meningkatkan motivasi kerja yang pertama kita harus bahagia dan bersyukur” dorongan terhadap produktivitas kerja akan abrkembang dengan semangat yang ikhlas untuk memberikan pelayanan terbaik kepada mahasiswa. Tema service excellent kali ini yaitu “pelayanan Prima Pascasarjana Maju, internasional Tangguh, sebelum memberikan pelayanan kepada siapapun kita harus memiliki kebahagian lebih, karena prinsnsipnya pelayanan prima adalah memberikan kabahagiaan” senyum dan kebahagiaan yang diberikan harus bersifat iklas bukan sebagai penerapan standa operasional prosedur sehingga peningkatan SDM dan kelembagaan akan lebih baik.

kegiatan service excelent ditutup dengan acara outbond bersama Dharma Wanita Pascasarjana unri yang menyenangkan ditambah dengan canda serta tawa dari peserta.

memberikan dampak positif serta kebahagiaan dalam momen yang berlalu. disuguhkan dengan hadiah kepada para pemenang membuat jiwa kompetisi peserta semakin meningkat.

Leave a Reply

slot gacorslot pulsa